SILABUS
Nama Sekolah : MAN Kediri I
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas
/ Jurusan : X
Semester : 1. ( satu )
Alokasi
Waktu : 20 x 45
menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami konsep,
pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber / Bahan / Alat |
1.1. Menjelaskan konsep geografi |
· Konsep geografi |
· Mengungkapkan kembali konsep dasar geografi dari
berbagai bahan-bahan referensi secara mandiri. · Secara kelompok. Menyimpulkan konsep-konsep geografi · Presentesi hasil diskusi |
·
Menganalisa konsep geografi dari berbagai referensi. ·
Menyimpulkan konsep geografi dalam kajian geosfer |
Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur |
2 x 40 |
Sumber : 1. Marah Uli
H dan Asep Mulyadi, (2005) Geografi
SMA 1 Jakarta, Esis. 2. Yulmadia
Yulir, (2004), Geografi SMA 1, |
1.2. Menjelaskan pendekatan geografi |
·
Metode / pendekatan geografi 1).
Metode/pendekatan ke ruangan
(spatial approach).
2). Pendekatan kewilayahan - Pendekatan topic - Pendekatan aktifitas manusia - Pendekatan regional 3). Pendekatan ekologi
(ecological approach) |
·
Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari bahan-bahan
referensi ·
Secara kelompok membuat laporan tentang masalah geosfer (misalnya :
sampah di ·
Presentasi hasil diskusi |
·
Menjelaskan perbedaan metode/pendekatan geografi. ·
Menerapkan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer |
Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur |
2 x 40 |
Sumber : 1. Yusman
Hestiyanto, (2004), Geografi 1 SMA Bogor, Yudistira 2. Nurisd
Sumaatmaja, (1998), studi Geografi, Sumber / alat : Gambar/chart geosfer |
1.3. Menjelaskan
prinsip geografi |
·
Prinsip-prinsip Geografi - Prinsip
penyebaran - Prinsip
interelasi - Prinsip
deskripsi - Prinsip
korologi (keruangan) |
·
Secara individu mengungkapkankembali prinsip-prinsip geografi dari
berbagai referensi ·
Secara kelompok, mengamati gambar fenomena geosfer ·
Secara kelompok, menganalisis tentang tanah longsor di daerah sekitarnya
dikaji dari keempat prinsip geografi ·
Presentasi hasil diskusi |
·
Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi ·
Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi ·
Menerapkan prinsip-geografi dalam kajian geosfer |
Jenis tagihan : Tugas kelompok Tugas tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur |
2 x 40 |
Sumber : 1…Nursid Sumaatmadjo (1998) Studi Geografi 2. K.
Wardiyatmoko (2004), geografi untuk SMA kelas X, Jakarta Erlangga Sumber / alat Gambar/chart geoster |
1.4. Mendeskripsikan aspek geologi |
· Aspek geografi - Aspek fisik (alamiah): Gejala-grjala alam yang timbul - Aspek social
(kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya. |
·
Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi ·
Secara kelompok mengkorelasikan gambar tentang aspek fisik dan sosial
geografi ·
Secara individu membuat laporan pengamatan tentang aspek fisik dan social
dilingkungan daerah sekitar |
·
Mendeskripsikan aspek-aspek geografi ·
Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi ·
Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari. |
Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Uraian berstruktur |
2 x 40 |
Sumber : 1. Marah Uli
H, dan Asep Mulyadi (2005) Geografi SMA 1, 2. Yulmadia
Yulir, (2004) Geografi SMA, Sumber / alat Gambar/chart geoster |
SILABUS
Nama Sekolah : MAN Kediri I
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas
/ Jurusan : X
Semester : 1 ( satu )
Alokasi
Waktu : 20 x 45
menit
Standar
Kompetensi : 2. Memahami sejarah
pembentukan bumi
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber / Bahan / Alat |
2.1.
Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya |
· Tata Surya dan Jagad Raya 1) Hipotesis tentang terjadinya tata surya 2) Teori tentang terjadinya jagad raya. 3) Anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam
semesta 4) Galaksi dalam jagad raya 5) Anggota tata surya |
·
Secara individu mengamati benda-benda langit pada malam hari di
cakrawala ·
Secara kelompok diskusi tentang teori-teori terjadinya tata surya dan
jagad raya ·
Secara kelompok, diskusi tentang anggapan-anggapan jagad raya dan alam
semesta ·
Secara individu mendiskripsikan keberadaan galaksi dalam jagad raya ·
Secara individu mengidentifikasi anggota-anggota tata surya dari berbagai
referensi. |
·
Membuat laporan pengamatan benda-benda langit ·
Menganalisis teori terjadinya tata surya dan jagad raya ·
Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam
semesta ·
Mengidentifikasi galaksi dalam jagad raya ·
Mendiskripsikan anggota-anggota tata surya |
Jenis tagihan : Tugas individu Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur |
5 x 40 |
Sumber : Tanudjaya Makmur, (1995) Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa, Depdikbud Jakarta Bahan / Alat : CD Pembelajaran |
2.2.
Menjelaskan sejarah pembentukan bumi |
·
Proses terjadinya bumi ·
Karakteristik perlapisan bumi ·
Teori lempeng tektonik |
·
Mengungkapkan kembali tentang proses terjadinya bumi dari beberapa
referensi yang dikaji ·
Secara individu, mengkaji referensi tentang karakteristik perlapisan bumi ·
Secara kelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan
persebaran gunung api serta gempa bumi |
·
Mendeskripsikan tentang proses terjadinya bumi ·
Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi ·
Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran
gunung berapi dan gempa bumi |
Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Pilihan ganda Uraian berstruktur |
5 x 40 |
Sumber : Yulmadia Yulir, (2004) Geografi 1 SMA Marah Uli H. dan Asep Mulyadi, (2005) Geografi SMA 1, Bahan / Alat : Peta Geologi, gambar struktur lapisan bumi |
SILABUS
Nama Sekolah : MAN KEDIRI I
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas
/ Jurusan : X
Semester : 2 ( dua )
Alokasi Waktu :
20 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Menganalisis unsur-unsur
Geosfer
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber / Bahan / Alat |
3.1. Menjelaskan konsep geografi |
· Lithosfer 1. Struktur lapisan kulit bumi 2. Tenaga endogen 1.1. Tektopnisme 2.1. Vulkamisme 3.1. Seisme 3. Tenaga Eksogen 3.1. Pelapukan 3.2. Pengikisan 3.3. Pengendapan ·
Pedosfer 1). Proses
pembentukan tanah 2). Jenis
dan cirri tanah di 3). Erosi
tanah 4). Penyebab 5).
Mengurangi dan mencegah kerusakan tanah |
·
Mengamati gambar/model jenis batuan pembentuk lapisan bumi ·
Secara individu mengamati patahan/slenk Semangko dari berbagai media
pembelajaran ·
Secara individu mengamati gambar struktur instrusi magma ·
Secara kelompok, diskusi tentang erupsi, tipe letusan, bahan yang
dikeluarkan Gunung Merapi di kawasan Yogyakarta dari berbagai media ·
Secara kelompok, mengamati gambar/film rupa bumi sebagai akibat proses
pelapukan, pengikisan dan pengendapan ·
Membaca refensi tentang proses pembentukan tanah di ·
Secara kelompok mengidentifikasi jenis tanah pada peta (persebaran jenis
tanah) ·
Secara kelompok mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya dari
berbagai referensi ·
Secara kelompok mengamati proses terjadinya erosi di DAS (contoh di Jawa
tengah : Bengawan Solo) ·
Secara kelompok, diskusi tentang penyebab terjadinya erosi di DAS (contoh
di Jawa tengah : Bengawan Solo) ·
Secara kelompok, diskusi tentang penanggulangan terjadinya erosi di DAS
(contoh di Jawa Tengah : Bengawan Solo) |
·
Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi ·
Membuat laporan tentang slenk Semangko ·
Menunjukkan bentuk-bentuk instrusi magma ·
Mendeskripsikan tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan
gunung Merapi ·
Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi (tsunami) ·
Mendeskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi ·
Membedakan jenis-jenis pelapukan ·
Mengidentifikasi jenis-jenis pelapukan ·
Mengidentifikasi jenis-jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang
berbeda ·
Mengklasifikasi jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutan ·
Menjelaskan proses pembentukan tanah di ·
Mengidentifikasi factor-faktor terjadinya erosi cara-cara
penanggulangannya erosi ·
Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta ·
Mengklasifikasikan jenis tanah berdasarkan kesuburannya ·
Menganalisis proses terjadinya erosi di lingkunagn sekitar ·
Menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah yang
lain serta dampaknya terhadap lingkungan ·
Mengidentifikasi usaha untuk mengurangi terjadinya erosi |
Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Unjuk kerja Ulangan Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur |
1 x 40 |
Sumber : 1. Katili J.A. dan P. Mark (1974) Geologi, . |
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi |
·
Atmosfer 1).
Ciri-ciri lapisan atmosfer 2). Unsur - unsur cuaca 5). Pemanasan
Global (El Nino dan La Nina) |
·
Mengidentifikasi atmosfer dan pemanfaatannya melalui gambar struktur
lapisan atmosfer ·
Mengamati dinamika unsur-unsur cuaca dari iklim (penyinaran, suhu,
angina, awan, kelembaban, serta curah hujan) di sekitar sekolah. ·
Mengamati perbedaan negara-negara beriklim tropis, sub tropis dan dingin ·
Secara Individu menghitung nilai rasio Q dari data curah hujan yang
tersaji dalam LKS ·
Secara individu menentukan tipe iklim Koppenb dari data curah hujan ynag
tersaji di dalam LKS ·
Mengidentifikasi factor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan
La Nina) |
·
Mengungkap kembali cirri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya. ·
Menganalisa dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu,
angin, awan, kelembaban, curah, peta dunia, persebaran negara-negara dan
jenis iklimnya. ·
Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe iklim Schimdt-Ferguson ·
Secara kelompok mengidentifikasi factor-faktor terjadinya pemanasan
global (El-Nino dan La Nina ·
Secara individu membuat kliping tentang perubahan iklim global lengkap
dengan rangkuman, tanggapan serta sumber kliping. |
Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur |
|
Sumber : 1. Rafli, Suryana, Meteorologi dan
Klimatologi, |
3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi |
·
Hidrosfer 1). Siklus
Hodrologi 2). Perairan
Darat - Air
Tanah - Sungai dan daerah Aliran Sungai (DAS) - Danau - Rawa 3). Perairan Laut - Zona
Pesisir dan Laut - Klasifikasi
Laut - Morfologi
Laut - Gerakan air
laut - Kualitas
air |
·
Secara individu mengidentifikasi unsure utama siklus hidrologi dari
berbagai referensi ·
Menggambar bagan siklus hidrologi hidrologi ·
Membaca referensi tentang berbagai jenis perairan darat ·
Secara kelompok, diskusi menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya
dari struktur lapisan tanah ·
Mengamati cirri-ciri sungai menurut profil memanjang di DAS lingkungan
sekitar ·
Mengamati gambar pola aliran sungai Musi ·
Secara individu merumuskan pengertian DAS ·
Secara individu merumuskan penyebab rusaknya DAS ·
Diskusi tentang upaya pelestarian DAS ·
Mendiskusikan proses terjadinya danau Sentani ·
Mengungkap kembali tentang pantai, pasir, pesisir, gisikbeach dari
berbagai referensi ·
Secara kelompok, diskusi tentang proses terjadinya dangkalan Sunda dan
Sahul
·
Melalui peragaan peta menunjukkan laut berdasarkan letak, kedalaman dan
wilayah kekuasaan suatu negara ·
Melalui bagan morfologi laut, menganalisa ,morfologi laut ·
Secara kelompok, mendiskusikan factor-faktor penyebab terjadinya
gelombang ·
Secara individu membuat peta arus laut dunia ·
Secara individu menggambarkan kedudukan bulan, bumi dan matahari yang
dapat menyebabkan pasang naik dan pasang surut ·
Secara kelompok, mengidentifikasi factor penyebab perbedaan kadar garam
(salinitas) air laut ·
Secara kelompok diskusi tentang factor yang menyebabkan perbedaan air
laut, danau Sentani di Papua |
·
Mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus hidrologi ·
Mengidentifikasi berbagai jenis perairan darat ·
Menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dan mengidentifikasi
cirri-ciri sungai menurur profil memanjang ·
Mendeskripsikan DAS ·
Menganalisis factor penyebab kerusakan DAS ·
Merumuskan upaya-upaya pelestarian DAS ·
Mendeskripsikan proses terjadinya danau Sentani di Papua ·
Mendiskripsikan manfaat rawa bagi kehidupan ·
Menjelaskan perbedaan pantai dengan pesisir ·
Menjelaskan proses terjadinya dangkalan Sunda dan Sahul ·
Mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan
wilayah kekuasaan ·
Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut ·
Menunjukkan factor-faktor peyebab terjadinya gelombang ·
Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia ·
Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut ·
Mengidentifikasi factor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas)
air laut ·
Mengidentifikasi factor-faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut |
Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Test tertulis Bentuk tagihan : Laporan Uraian berstruktur |
|
Sumber : Suyono, Saatrodarsono (1990) Hidrologi untuk
pengairan. Linsley, RK, Kohler dan Jkoseph Paulus (1989) Hodrologi untuk Insinyurt, S. Hamilton dan Peter N King (1992) Daerah Aliran Sungai, Bahan / Alat : Chart (gambar-gambar) Kliping-kliping film CD pembelajaran interaktif |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar